I Have A Dream

I Have A Dream (Fenomena Susan Boyle)

ebd597a05d4cbabfb8233a66fc429400f52933f8_m

Kalimat di atas selalu dianggap milik dari pejuang legendaris Martin Luther King Jr. Entah mengapa. Namun semua orang pasti pernah mengatakan itu tanpa mengetahui sebelumnya bahwa kalimat itu populer karena pernah dikatakan oleh Martin Luther King Jr.

Kata “dream” jika dimaknai dalam Bahasa Indonesia adalah “impian” dan setara dengan kata “cita-cita”. Jadi kalimat “I have a dream” kurang lebih sepadan dengan “Saya punya cita-cita.” dan Saya punya cerita aktual dan fenomenal tentang seseorang dalam menggapai cita-cita.

Susan Boyle

Sabtu minggu lalu, tepatnya 11 April 2009, tidak ada seorang pun yang mengenal Susan Boyle. Esok harinya, seluruh dunia (yup! seluruh dunia! Shame on you if you don’t) mengenal Susan Boyle! Susan Boyle adalah representasi dari orang yang pantang menyerah dalam mengejar cita-cita. Jutaan orang di dunia menangis (setidaknya diliputi haru) melihat penampilan Susan Boyle pada acara Britain’s Got Talent, Sabtu, minggu lalu.

Simon Cowell “Aye, what’s your name darling?
Susan “My name is Susan Boyle.

Simon Cowell “How old are you Susan?
Susan “I’m 47.

Simon Cowell “Ok, what’s the dream?
Susan “I’m trying to be a professional singer.
Simon Cowell “And why hasn’t it worth tried so far Susan?
Susan “Well, I haven’t given the chance before, I hope here whole thing will get changed.

Obrolan pembuka antara Simon Cowell dan Susan Boyle di awal penampilan Susan mengundang tawa bernada cemooh dari para penonton.

Susan kemudian menyanyikan soundtrack Les Miserables, I Dreamed A Dream. Usai bernyanyi, berikut komentar para juri:

Piers Morgan “Without a doubt, that was the biggest surprise I have had in three years on the show. When you stood there with a cheeky grin(?) and said ‘I wanna be like Elaine Paige’ everyone was laughing at you, no one is laughing now…that was stunning, an incredible performance. Amazing.

Amanda Holden “I am so thrilled because I know that everybody was against you. I honestly think that we were all being very cynical and that was the biggest wake up call ever, and I just want to say that was a complete privilege listening to that, it was instant brilliant!

Simon Cowell “Susan, I knew the minute you walked out on that stage that we were gonna hear something extraordinary and I was right.

Keesokan harinya, Susan Boyle berada di koran-koran Inggris di halaman pertama diikuti liputan-liputan media cetak dan televisi di seluruh dunia. Hingga tulisan ini gw buat, sekitar 50 juta orang telah menyaksikan Susan Boyle via youtube. Susan diakui oleh para pengamat vokal memiliki suara sopran yang sangat jernih dan bening dengan kualitas yang luar biasa.

Jutaan orang di dunia sesaat kemudian tersadar dan belajar banyak hal. Pertama, Susan awalnya bukan saja jadi bahan tertawaan, ia bahkan serasa tidak diharapkan dan juga dilecehkan (lihat stiker nomor peserta yang ditempel asal-asalan di dadanya, bukan di baju!). Setelah selesai bernyanyi, orang-orang baru tersadar bahwa mereka telah menilai keliru sebuah buku berkualitas tinggi hanya dengan melihat sampulnya yang butut. Susan menghadapi semuanya dengan tenang.

Kedua, Susan adalah representasi orang yang tak pernah padam cita-citanya. Ia ingin menjadi seperti Elaine Paige, seorang penyanyi teater terkenal asal Inggris. Walau umur telah menginjak 47 tahun, Susan tahu bahwa kesempatan bisa datang kapan saja dan ia harus bersabar. (Gw jadi ingat Kolonel tua yang membuat ayam goreng KFC). Bandingkan dengan kebanyakan kita yang cita-citanya padam saat umur masih sangat muda. Menyerah pada kenyataan. Susan Boyle memberikan pelajaran berharga pada dunia.

Ketiga, tidak ada yang tidak mungkin. Susan Boyle membuktikannya. Itulah mengapa ia begitu fenomenal

Sumber : klik disini

Tinggalkan komentar