SMK TELKOM

Sejarah Berdirinya SMK Telkom

Sekolah Kejuruan Menengah Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta merupakan salah satu sekolah kejuruan telekomunikasi yang didirikan berdasarkan gagasan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi yang ketika itu dijabat oleh Bapak Soesilo Soedarman sebagai upaya memberikan sumbangsih kepada negara dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta yang pada saat berdirinya tahun 1992 bernama STM Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta bersama empat sekolah serupa di Malang, Medan, Ujung Pandang dan Purwokerto (dengan program studi berlainan) didirikan untuk menjawab tantangan tekhnologi telekomunikasi yang sangat pesat perkembangannya dalam mengisi pembangunan nasional.

Secara operasional sekolah ini dikelola oleh Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) yang dibina Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (DEPDIKBUD) beserta PT Telekomunikasi Indonesia (PT Telkom).

SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta diharapkan menjadi “center of excellence” pendidikan menengah telekomunikasi di Indonesia dan lulusannya dapat mengisi lapangan kerja dalam bidang industri telekomunikasi.

Visi dan Misi

Visi

Menjadikan SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta menjadi sekolah menengah kejuruan unggulan yang menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri telekomunikasi dan teknologi informatika, berakhlak mulia, professional, dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang keahlian teknologi telekomunikasi dan teknologi komunikasi informasi yang dinamis dan disiplin dengan menjunjung tinggi norma yang berlaku.

2. Menerapkan sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 guna tercapainya peningkatan mutu penyelenggaraan dan layanan pendidikan dan berkesinambungan.

3. Memberikan pelayanan terbaik kepada siswa/i Orang tua/Walidan Stackholder lainnya.

4. Memberikan kesejahteraan dan kesempatan untuk menigkatkan kompetensi kepada Guru dan Karyawan/ti

5. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan sekolah

Yayasan

Sebagai Pemilik SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta adalah Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT).

Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) adalah salah satu yayasan yang dibina oleh Direksi PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk yang didirikan pada tanggal 17 Januari 1980. Dewan Pengurus Pusat (DPP) YSPT berkedudukan di Jl. Trunojoyo No. 2 Bandung.

Tujuan utama pendirian YSPT adalah untuk membantu Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan bagi masyarakat umum. Sampai dengan awal tahun 2007 ini, YSPT menyelenggarakan 46 (empat puluh enam) Unit Pendidikan yang berinisial “Sandhy Putra” yang tersebar diseluruh Indonesia, yaitu :

  • 31 Sekolah Taman Kanak Kanak (TK)
  • 1 Sekolah Dasar (SD)
  • 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • 1 Sekolah Menengah Atas (SMA)
  • 3 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Parawisata.
  • 6 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom (Jakarta, Purwokerto, Malang, Medan, Makassar dan Banjarbaru).
  • 1 Akademi Parawisata (AKPAR).
  • 2 Akademi Telekomunikasi (AKATEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: