LUWUK BANGGAI – SULAWESI TENGAH

Luwuk terletak di ujung peninsula dari provinsi Sulawesi Tengah merupakan ibukota dari kabupaten Kepulauan Banggai. Kota yang  diapit oleh pantai dan perbukitan ini sangat indah dengan pantainya yang jernih dan tak berombak karena di kelilingi oleh kepulauan Banggai. Kota dengan populasi yang tidak terlalu padat ini dihuni berbagai suku yang datang dari berbagai daerah seperti Bugis, Padang dan warga keturunan Tionghoa yang banyak berprofesi sebagai pedagang. Penduduk asli daerah sekitar adalah suku Ta. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dengan dialek Bugis campur.

Luwuk dapat ditempuh dengan melalui jalan darat dari ibukota provinsi Sulawesi Tengah Palu melalui jalur Poso, Tentena, Morowali, Pagimana dan Luwuk. Sepanjang perjalanan anda akan melalui tempat tempat yang indah yang belum banyak dikenal seperti lokasi penyelaman di Pulau Tikus dan Tanjung api.

Melalui udara dapat di tempuh dari Manado atau Palu dengan Merpati CN 235   yang ditempuh sekitar lebih kurang dua jam. Atau yang saya gunakan adalah melalui Makassar, pesawat boeing yang berani mendarat di luwuk untuk saat ini hanyalah dari Batavia Airlines sekitar 1 jam perjalanan, Anda akan mendarat di pelabuhan udara Bubung, Luwuk. Bandara yang terletak tiga kilometer di luar kota Luwuk. Dari bandara dapat menggunakan taxi atau angkutan desa menuju Luwuk.

Beberapa penginapan yang berada di kota Luwuk, seperti Hotel Igora, Ramayana, Dynasti dan Hotel Rosalina dengan fasilitas yang lumayan bagus. Ramayana dan Rosalina terletak di pinggir pantai sedangkan Dynasti berada didekat pusat pertokoan.  Yang saya gunakan pada saat itu adalah hotel igora, Sedangkan Maleo Cottage dibuat untuk mengakomodir keperluan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Luwuk dan daerah sekitarnya, kebanyakan turis mancanegara yang datang ke Luwuk adalah para penyelam yang mengetahui keberadaan beberapa spot lokasi penyelaman yang sangat indah di daerah Luwuk seperti di Tanjung Api. Dengan beberapa spesies ikan endemik daerah Banggai.

Beberapa tempat menarik yang dapat anda kunjungi di kota Luwuk sendiri adalaha Kilo Lima sebuah tempat rekreasi keluarga berupa pantai yang landai. Banyak dikunjungi masyarakat setempat pada hari libur dan hari Raya.  Disekitar pantai yang jernih dan tenang ini banyak cafe yang menjual makanan khas penduduk setempat seperti pisang goreng plus dengan sambal gorengnya dan saraba, minuman seperti susu dengan rasa jahe yang kuat. Anda juga dapat mengunjungi air terjung yang terdapat di bukit sekitar kota Luwuk, air terjun Hanga hanga dengan debit air yang tinggi ketika musim hujan dan air yang jernih.

Di Luwuk banyak terdapat restoran ikan bakar dengan ikan segar tangkapan di pulau sekitar. Anda dapat mengunjungi rumah makan Maros, menyediakan ikan bakar dengan sambal dabu-dabu. Jika anda seorang penyuka seafood sejati datanglah ke Luwuk. Ikan Kwe, Kakap Merah, Bobara, Kerapu dan Sotong tersedia segar disini.

Melanjutkan perjalanan anda ke kota kecamatan Toili sebuah kecamatan yang cukup hidup dengan penduduk yang berasal dari pulau Jawa dan Bali, generasi awal mereka mulai pindah dari Bali tahun 1963 ketika terjadi letusan gunung Agung. Mereka di bagi menjadi beberapa kluster transmigran yang disebut unit hingga sekarang sudah ada 31 unit transmigran. Di unit transmigrasi Bali kita akan banyak menemui bangunan khas penduduk Bali dengan puranya.

Berikut beberapa jepretan dari kamera yang saya bawa waktu itu

About these ads

2 Comments »

  1. 1
    Esti Berkata

    mmm…kayanya bagus bangettt … ini pulau..+ ada makanan favorit aku..”pisang goreng..” kapan ya aku bisa kesanaaaaaaaaaaa????????

  2. 2
    nopx Berkata

    Brur, tolong judulnya direvisi yang “LUWUK BANGGAI – SULAWESI TENGGARA” menjadi “LUWUK BANGGAI – SULAWESI TENGAH”


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: