BONTANG

Kota Bontang

Perjalanan ke bontang ini dilakukan sebelum ke Sangatta.  Perjalanan dinas tersebut dilakukan dari tanggal 15 Desember 2008 s/d 22 Desember 2008, dimulai perjalanan dari Jakarta menuju Balikpapan (Bandara Sepinggan) saya menggunakan Garuda Indonesia Airlines (standar kantor selalu merekomendasikan menggunakan Garuda), perjalanan tersebut memakan waktu selama +/- 2 jam.  Untuk ke bontang saya menempuh perjalanan darat dimana rute yang saya tempuh yaitu Balikpapan – Samarinda – Bontang dengan setiap titik ditempuh dalam waktu 2 jam. Kontras dengan waktu perjalanan Jakarta – Balikpapan yang kami tempuh dengan Garuda selama +/- 2 jam.  Perjalanan darat tersebut dapat dilakukan dengan menyewa Taxi bandara dimana tarifnya sekitar 500rb – 600rb untuk rute dari Balikpapan menuju Bontang namun tidak semua taxi bersedia mengantar kita sampai ke Sangatta, karena sepanjang jalan dari bontang ke sangatta sangat memprihatinkan.  Sehingga saya berinisiatif menggunakan taxi bandara hanya sampai ke Samarinda dengan ongkos 250rb kemudian saya melanjutkan perjalanan ke bontang menggunakan mobil dinas kantor cabang samarinda.

Biaya hidup dan standar kehidupan di bontang  terhitung lebih tinggi dibanding Jakarta mungkin hal ini disebabkan oleh karena bontang merupakan kota pertambangan dimana hampir 95 % warga setempat hidup dari tambang sehingga untuk kebutuhan hidup warga sangatta harus mengambil dari kota lain.

Kota Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur. Letak geografisnya 0.137° LU dan 117.5° BT.

Di kota ini berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda, Badak NGL (gas alam), Pupuk Kalimantan Timur (pupuk dan amoniak),dan Indominco Mandiri (batubara) serta memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate. Kota Bontang sendiri merupakan kota yang berorientasikan di bidang industri, jasa serta perdagangan.

Kota Bontang selain terkenal karena ada tiga perusahaan itu, juga karena adanya keberadaan tim sepak bola, Bontang PKT yang main di Superliga, Marching Band Bontang PKT binaan Pupuk Kalimantan Timur dan Marching Band Eroh Dahana Patra binaan Badak NGL. Sementara itu, studio siaran televisi lokal, LNGTV dan PKTV juga terletak di Kota Bontang.

Kota Bontang memiliki dua sekolah besar dan ternama, yaitu VIDATRA yang dibina oleh Badak NGL dan YPK binaan Pupuk Kalimantan Timur. Kantor pengurus Taman Nasional Kutai yang berada di utara Kota Bontang, juga berada di kawasan ini.

Semboyan Kota Bontang adalah “Kota TAMAN”: “Tertib, Agamis, Mandiri, Aman, dan Nyaman”.

Berikut beberapa gambar mengenai bontang

bontang

bontang2

pkt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: