Aktivasi Compiz Fusion pada openSUSE 11.0

Jakarta, 19 September 2008 – Yohanes Dwi Anggoro


Saya menggunakan openSUSE lebih banyak untuk development program, selain untuk keperluan sehari-hari menulis artikel dan tutorial. Keperluan lain adalah mendengarkan musik, menonton film dan burning. Bagi saya, komputer yang cepat jauh lebih fungsional daripada komputer yang memiliki animasi macam-macam. Pola pikir ini yang membuat saya tidak terlalu hirau pada efek animasi seperti Berryl, Compiz dan Compiz-fusion. Saya tidak mau komputer saya menjadi berat hanya karena effect tersebut.

Setelah openSUSE 11.0 diluncurkan, desktop effect yang saya pasang adalah desktop effect KDE4 / Kwin yang sudah cukup memikat saya tanpa mengurangi kemampuan fungsionalnya. Meski demikian, pengetahuan mengenai Compiz-Fusion mungkin bisa berguna buat saya jika ada pengguna openSUSE yang bertanya mengenai cara aktivasi Compiz.

Pagi ini sambil menulis artikel dan posting di blognya Zeze Vavai saya mencari tahu cara setting Compiz di openSUSE. Ternyata mudah sekali. Hanya butuh 3 langkah singkat.

  1. Buka menu Desktop effect menggunakan menu search dari kick off
  2. Aktifkan pilihan untuk desktop effect
  3. Untuk melihat pilihan konfigurasi, jalankan aplikasi Compiz Config Setting Manager baik menggunakan menu Run (ALT+F2) atau melalui konsole dengan mengetik perintah ccsm

Yang cukup mengejutkan, saya hampir tidak merasakan penurunan kecepatan komputer yang saya pakai (Laptop HP 520, Memori 1 GB, Pentium 4). Saya bisa melakukan development program Java menggunakan Netbeans dan development QT menggunakan QT 4 tanpa masalah dan tetap normal kecepatannya.

Baca lebih lengkap tentang Compiz-Fusion di openSUSE, http://en.opensuse.org/Compiz_Fusion dan lihat screenshotnya http://en.opensuse.org/Screenshots/openSUSE_10.3.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: