Persiapan Lengkap Pesta Pernikahan

Jakarta, 12 September 2008 – Yohanes Dwi Anggoro

Memang pernikahan adalah perhelatan yang sangat menguras perhatian. Persiapan pernikahan pada umumnya memerlukan waktu paling tidak sekitar 8-12 bulan jika segala sesuatunya dilakukan sendiri.

Jika anda tidak punya waktu selama itu, manfaatkanlah jasa wedding organizer yang umumnya membutuhkan waktu sekitar 6-8 bulan. Sebetulnya apa saja sih, yang harus dipersiapkan?

1. Menentukan tanggal pernikahan
Walaupun pada dasarnya semua hari itu baik, tak ada salahnya mencantumkan tanggal dan bulan favorit sebagai tanggal pernikahan. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengingat dan merayakannya.

2. Menentukan jumlah undangan dan anggaran
Sebelum menentukan anggaran pernikahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jumlah undangan, karena menjadi tolak ukur paling tepat untuk menentukan anggaran dan besarnya ruangan untuk pesta.
Sesuai standar internasional, sisihkan 40% dari total anggaran untuk keperluan catering. Sisanya sebanyak 60% dapat anda gunakan untuk 6 keperluan utama lainnya, yaitu gedung, acara dan MC, dokumentasi, dekorasi, bridal attire (baju dan tata riasnya) serta undangan dan suvenir.

3. Menentukan gedung
Saatnya menentukan lokasi dan gedung yang akan digunakan. Jika sudah terlanjur menentukan pada satu gedung yang bernuansa romantis tapi kapasitasnya tidak terlalu besar, bagilah undangan dalam 2 waktu yang berbeda. Misalnya jam 19.00-20.00 untuk orangtua dan 20.00-21.00 untuk teman-teman anda dan pasangan.

4. Menentukan gaya dan tema pesta
Demi keserasian pesta, anda harus menentukan tema, sehingga anda dan pasangan dapat menentukan kebaya atau gaun dan jas seperti yang akan dikenakan pada saat pesta berlangsung.
Padukan warna gaun dan dekorasi dengan warna yang sesuai dengan karakter anda berdua. Gaya dan pesta ini biasanya juga akan tampak pada menu makanan, suvenir dan undangan.

5. Lakukan perawatan diri
Bila 4 hal penting diatas sudah dilakukan, kini saatnya melakukan perawatan diri mulai dari lulur, mandi rempah, perawatan wajah, dan pusat kebugaran agar pada saat pernikahan nanti tampil prima. Perawatan diri ini sebaiknya dilakukan oleh kedua mempelai sehingga agar keduanya bisa tampil prima saat pesta pernikahan digelar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: