Moment Persiapan Pernikahan

Jakarta, 12 September 2008 – Yohanes Dwi Anggoro

Menikah… hmmm… banyak diantara kita yang tiba-tiba panik saat ,mendengar kata ini. Langsung terbayang di kepala, betapa panjangnya daftar “perbuatan” yang wajib dilakukan menjelang hari yang penting ini. Kaum pria, mungkin sibuk mengurus pernak pernik seserahan dan lamaran. Kaum wanita, (biasanya lebih sibuk lagi) exciting, deg-degan, campur happy juga dan mulai sibuk bertandang ke salon untuk sekedar luluran, manikur-pedikur, dsb. Sebenarnya, hal-hal penting apa saja yang biasanya disiapkan mereka yang telah melewati masa-masa penuh kesibukan ini?

Menyusun anggaran pernikahan

Jauh hari sebelumnya, diskusikan dengan pasangan Anda tentang pelaksanaan hari H, beserta anggaran yang memungkinkan untuk terselenggaranya acara tersebut.

Tips: Sediakan satu buku catatan mini khusus sejak awal persiapan pernikahan untuk mencatat info-info tentang biaya gedung A,B,C, atau catering A,B,C, dsb. Hal ini akan memudahkan saat Anda mencari ulang untuk menentukan vendor mana yang akan Anda pakai.

Menentukan tanggal pernikahan

Tanggal pernikahan ditentukan sesuai persetujuan kedua calon mempelai, dan sepengetahuan keluarga. Sebaiknya pernikahan disiapkan jauh hari sebelumnya, tidak mendadak, agar hasilnya maksimal. Bahkan saat ini, karena tren pasangan dalam mengejar tanggal unik (misal 7 Juli 2007, 8 Agustus 2008,dsb) dan venue yang dijadikan favorit, banyak pasangan menentukan tanggal pernikahan 2-3 tahun sebelumnya! Kenapa? Takut di tanggal itu gedungnya sudah habis dipakai pasangan lain, takut vendor-vendornya di tanggal itu sudah penuh dipakai pasangan lain…

Tips: Dalam memilih tanggal, sebaiknya siapkan tanggal cadangan, jadi seandainya di tanggal pilihan pertama tidak berhasil mendapat gedung,vendor, dsb, masih ada cadangan tanggal yang lain, yang tentunya telah disepakati oleh kedua belah pihak pasangan.

Mengunjungi pameran pernikahan

Jika di kota tempat Anda tinggal sering diadakan acara dimana vendor-vendor pernikahan berkumpul, sebaiknya Anda rajin datang, karena keuntungannya adalah, Anda bisa melihat langsung service dan customer service mereka dalam melayani pelanggan di lapangan. Selain itu, Anda banyak menghemat waktu dalam mencari vendor, karena saat pameran, vendor bersatu di dalam satu area,sehingga banyak pilihan tanpa Anda repot mengunjungi kantor-kantor mereka.

Tips: Dalam memilih vendor di pameran, lihat juga alamat kantor si vendor, apakah mudah diakses dari kediaman Anda atau tidak. Hal ini mengingat proses berkelanjutan dari order Anda. Misalnya Anda suka vendor kartu A yang lokasi di ujung Jakarta Timur, sementara domisili Anda di ujung Jakarta Utara, hal ini akan lebih repot dalam pengerjaan karena Anda harus bolak balik revisi desain, habis tenaga, biaya, dan waktu Lebih baik pilih vendor kartu B yang desainnya mirip, namun lokasi lebih terjangkau mudah. Lokasi yang dekat juga akan mempermudah Anda dalam mengawasi kinerja si vendor.

Jasa Wedding Organizer

Beberapa dari Anda mungkin tertarik menggunakan jasa wedding organizer, WO sangat membantu dalam pelaksanaan hari H bagi Anda dan pasangan Anda yang tidak punya banyak waktu. Jika Anda memiliki waktu yang cukup di akhir pekan dan fasilitas yang memungkinkan, sebaiknya Anda mencari vendor sendiri bersama pasangan, selain tahu biayanya langsung di lapangan, ini akan menambah keakraban dan kemampuan bekerjasama antara Anda dan pasangan

Tips: Sebelum menentukan WO yang akan dipakai, sebaiknya Anda juga mencari tahu sendiri tentang perkiraan biaya pernikahan sesungguhnya, hal ini akan membantu saat Anda akan negosiasi biaya dengan jasa si WO, karena Anda sedikit banyak telah tahu harga vendor-vendor di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: