Portal Portable

Jakarta, August 27 2008

Jakarta, Endonesia — Ingin menjadikan portal yang sudah Anda buat dengan eNdonesia 8.x sebagai mas kawin, atau sebagai hadiah spesial? Tak masalah. Sekarang siapapun bisa melakukannya. Soalnya, portal eNdonesia 8.x bisa Anda cemplungkan ke dalam webserver Apache berbasis CD-ROM. Dengan begitu, portal Anda menjadi portal yang benar-benar portable.

Dengan istilah ‘portal yang portable’ memang dimaksudkan sebagai portal yang bisa Anda bawa ‘secara fisik’ kemana-mana. Bukan sekedar portable dalam pengertian para tukang bikin software: bisa dipindahkan dari satu sistem operasi ke sistem operasi lain.

Ke-portable-an itu bisa dilakukan karena sekarang ini sudah banyak beredar webserver berbasis CD-ROM, alias kita menjalankan webserver dari CD-ROM. Dan webservernya pun bukan webserver sembarang, melainkan Apache. Atau lebih tepat dan komplitnya lagi: trio Apache-MySql-Php (trio AMP).

Dengan kata lain, kalau Anda misalnya sekarang sudah punya portal pakai eNdonesia 8.x, anda tinggal satukan saja data mysql dan script phpnya ke CD-ROM berisi webserver tadi, dan portal Anda pun akan berjalan seperti biasa.

Atau kalau Anda baru mau belajar bikin portal, Anda jadi tak usah pusing mendownload dan menginstal trio Apache-MySql-Php, karena paket webserver berbasis CD-ROm ini sudah pasti jalan begitu Anda ekstrak file zip (hasil download) ke PC atau ke CD-ROM.

Dan sebenarnya sih, bukan hanya untuk eNdonesia saja webserver itu ada. Melainkan untuk script apa saja yang memang berbasis si trio hebat tadi. Webserver berbasis CD-ROM itu memang dari sononya general purpose. Dirancang untuk orang yang ingin mempresentasikan karya online-nya secara sungguhan via CD-ROM. Bukan, misalnya, mendongeng soal portal tapi yang disajikan adalah presentasi PowerPoint berisi screen capture portalnya. Atau, seperti biasa, webserver ini bisa dipakai untuk membuat presentasi katalog dagang atau katalog produk.

So, apa nama webserver berbasis CD-ROM itu?

Namanya Server2Go, made in developer asal Jerman. Tapi ini bukan satu-satunya developer yang bisa membuat webserver CD-ROM. Sekarang sudah banyak pemain lainnya: Dynamic CD, DWebPro, Stunnix, dll.

Yang sekarang akan kita omongkan adalah Server2Go, versi 0.9.2. Soalnya, hanya ini yang 100 persen freeware. Si pembuatnya sendiri cenderung menyebutnya donationware. Silakan menyumbang kalau mau dan kalau suka pada software buatannya. Sedangkan yang lain ada yang shareware atau freeware-nya hanya untuk kepentingan personal saja.

Server2Go boleh dibilang hebat. Kita hanya perlu mendownload zip file-nya yang hanya 20 MB (bayangkan jika Anda harus dowload satu per satu trio Apache-MySql-Php atau bundel lainnya). Lantas ekstrak saja ke harddisk (tak usah ke CD-ROM dulu), lalu klik program utamanya: Server2go.exe. Filenya memang exe, karena ini memang untuk Windows. Windows XP terutama. Dicoba di Windows 98, belum jalan.

Selanjutnya, semuanya langsung jalan. Layaknya server-server lain, semacam Google Desktop Seach Engine, Server2Go beroperasi sebagai server dengan menggunakan port yang masih kosong atau nganggur. Dalam hal ini, dia pakai port 4001. Jadi, Server2Go bisa langsung diakses (sebenarnya sih, otomatis langsung mengakses) lewat alamat http://127.0.0 .1:4001.

Dengan menggunakan port kosong tadi, maka Server2Go tidak akan tabrakan dengan server lain yang sudah ada di PC Anda, termasuk trio AMP yang sudah Anda install sendiri (yang umumnya pakai port 80 atau 8080). Dan kalau toh kebetulan port tersebut sudah dipakai webserver lain, ya ubah saja di file konfigurasi yang tersedia, yang hanya berupa text file, seperti file config.php-nya eNdonesia 8.x.

Hidup-matinya server ini ternyata otomatis. Ketika Anda menghidupkannya dengan mengklik server2Go.exe, dia langsung bekerja dan beberapa detik kemudian memanggil browser (defaultnya Internet Explorer, tapi bisa diganti), dan memunculkan file index.php yang berisi Welcome Message dari si pembuatnya. Kalau browser Anda matikan atau tutup, maka server pun otomatis mati.

Uniknya, kalau browser yang otomatis terbuka tadi masih hidup, dan kemudian Anda buka browser lain untuk mengakses alamat http://127.0.0 .1:4001 tadi, maka webservernya tidak bisa diakses. Jadi, mengakses webservernya mesti pakai browser yang dibuka oleh Server2go.exe.

Selanjutnya, ya nikmati saja seperti biasa. Coba, misalnya, cemplungkan phpmyadmin ke direktori htdocs yang ada di webserver ini, maka phpmyadmin pun langsung jalan, dan anda bisa lihat database yang sudah ada. Mau bikin database baru, ya bikin saja seperti biasa kalau Anda menggunakan phpmyadmin.

Mau coba jalakan eNdonesia 8.x? Cemplungkan saja data mysql portal berbasis eNdonesia 8.x yagn sudah ada di PC Anda, dengan mengkopinya dari direktori data yang ada di folder MySql PC Anda, ke direktrori khusus yang disediakan Server2Go untuk menampung data mysql: dbdir. Lantas, kopi juga file php eNdonesia 8.x ke direktori htdocs. Beres. Portal Anda sudah bisa jalan.

Tapi, kadang-kadang ada bolotnya juga, terutama soal data MySql (kalau kopi file ke htdocs tak ada masalah). Ketika kita sudah kopikan data mysql kita ke Server2Go, ada kalanya dia tak mau langsung baca. Tapi ini bukan soal besar. Anda hanya perlu menghidupkan ulang Server2Go-nya.

eNdonesia 8.x jalan sepenuhnya pada Server2Go, kecuali modul polling. Jadi, kalau memang mau coba dan error modul polling-nya muncul, ya biarkan saja atau buang saja modul pollingnya (dari template footer.php yang ada di direktori themes yang dipakai).

Kalau mau install eNdonesia 8.x sedari awal pun tak masalah. Anda tinggal kopi file eNdonesia 8.x dan buat database baru dengan phpmyadmin seperti biasa. Lalu ikuti saja panduannya seperti biasa.

Kalau mau coba script php lainnya lagi, ya silakan. Datang saja ke Server2Go: http://server2 go.fantastic-bits.de

Sever2Go 0.9.2 dihadirkan dalam tiga versi. Yang saya coba hanya yang mengandung PHP, MySql, dan SQLite.

Untuk memindahkan ke CD-ROM, ya tinggal di kopi saja portal berbasis Server2Go anda ke CD-ROM. Dan untuk menyamankan Anda, Server2GO sudah menyediakan file-file yang diperlukan untuk membuat CD-ROM Anda bisa langsung autorun.

Untuk memindahkan ke CD-ROM, ya tinggal di kopi saja portal berbasis Server2Go anda ke CD-ROM. Dan untuk menyamankan Anda, Server2GO sudah menyediakan file-file yang diperlukan untuk membuat CD-ROM Anda bisa langsung autorun.

Silakan coba, dan jangan sungkan mendatangi mertua Anda dengan menyuguhkan portal sebagai mas kawin…

Link:

Server2Go — http://server2 go.fantastic-bits.de
DWebPro — http://www.dwe bpro.com
Dynamic-CD — http://www.phd cc.com/dynamic-cd/
Stunnix — http://www.stu nnix.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: