Membuat portal dalam sekejap

MEMBUAT PORTAL DALAM SEKEJAP

August 27, 2008 oleh Yohanes Dwi Anggoro

Sudah mahir membuat homepage? Sudah mengikuti panduan Membuat Homepage dalam 5 Menit? Kalau sudah, mari lanjutkan dengan membuat portal. Portal? Nggak salah ngajak? Sama sekali tidak. Kalau sudah bisa membuat homepage, siapapun bisa membuat portal seperti Yahoo! (atau minimal seperti Endonesia Dot Com). Dan, meski butuh waktu lebih dari 5 menit, membuat portal itu tak sulit. Satu jam bisa selesai. Asyiknya lagi, portal itu bisa dibangun dengan modal dengkul.

Sebelum melangkah lebih lanjut, ada pertanyaan mudah yang mesti dijawab lebih dulu. Pernahkah Anda menginstall software aplikasi atau games di PC? Jika sudah bisa dan biasa menginstall software di PC, maka Anda akan bisa dengan mudah membuat portal. Soalnya, untuk membuat portal, Anda mesti menginstall software portal. Bedanya, kalau software game diinstall di PC, software portal diinstall di homepage atau website Anda. Adapun proses installasinya sama mudahnya.

Bagaimana dengan sebutan modal dengkul tadi? Modal dengkul artinya Anda tak perlu keluar uang (banyak) untuk membuat portal. Software portal bisa diperoleh secara gratis. Kok bisa? Jika software di PC ada yang disebut freeware atau gratisan, maka software untuk internet ada yang disebut sebagai open source. Artinya, sederhananya, anda boleh menggunakannya tanpa membeli atau membayar lisensi. Kalau mau, Anda juga bisa dan boleh mendistribusikannya lebih lanjut.

Modal dengkul berarti pula, homepage atau website yang akan dipasangi software portal juga bisa diperoleh secara gratis. Kalau anda pernah membuat homepage di penyedia homepage gratisan (Geocities, Tripod, dan sebagainya), Anda tentu paham. Jadi kesimpulannya, yang Anda butuhkan hanya waktu dan uang untuk bayar pulsa telepon. Kalau Anda menggunakan fasilitas internet di kantor, tentu tak perlu keluar biaya sama sekali.

Apa Software Portal-nya?

Kalau Anda sedang membaca tulisan ini, maka Anda sedang melihat tampilan dari software portal yang kita bicarakan. Keseluruhan Endonesia.Com dibuat dan dioperasikan dengan menggunakan software portal yang kita omongkan. Jadi, apa nama software portalnya? eNdon esia 8.0. Bikinan Endonesia Dot Com? Enggak juga.

Pada dasarnya, bukan Endonesia Dot Com yang membuatnya. Endonesia Dot Com hanya mengemas ulang untuk sikon Indonesia (lebih tepatnya lagi, sikon Endonesia Dot Com dan sejumlah klien). Aslinya, software portal itu bernama phpWebSite, yang dibuat oleh Web Technology Group, Appalachian State University, AS. Dan sekedar info, phpWebSite juga bukan produk asli WTG, melainkan turunan dari software portal bernama PHPNuke. Turunan PHPNuke yang juga populer adalah < b>PostNuke.

Apa yang bisa diperbuat oleh eNdonesia 8.0? Jawabnya, silakan simak halaman web ini, dari atas ke bawah, dari kiri ke kanan. Juga, simak menu-menu yang ada. Apa yang anda temukan? Ada nama-nama rubrik? Ada katalog atau direktori web? Ada forum diskusi? Ada polling? Ada macam-macam? Itulah sebagian dari apa yang bisa diperbuat Endonesia 8.0. Dengan software ini, atau dengan phpWebsite, PHPNuke, dan PostNuke, Anda bisa membangun portal yang memiliki aneka fungsi tadi (Kapan-kapan, Endonesia Dot Com akan menyajikan juga tulisan cara membuat portal memakai aneka software portal tadi. Tunggu saja).

Agar lebih jelas lagi, berikut ini daftar ”beberapa” fasilitas atau komponen atau modul (atau apalah sebutannya) yang dikandung Endonesia 8.0, beserta uraian singkatnya:

  • Online Publishing
    Fasilitas untuk membuat penerbitan atau media online. Anda bisa membuat rubrik dan sub-rubrik sebanyak-banyaknya, dan tinggal memasukkan tulisan, artikel, atau berita ke rubrik yang sesuai. Contohnya adalah halaman Rubrik.
    Cover Editor
    Fasilitas untuk membuat cover depan. Contohnya adalah blok atas di halaman depan, yang ada oto atau image-nya, yang tadi link-nya anda klik untuk membaca tulisan ini.
  • Page Editor
    Fasilitas pembuat halaman web atau tulisan ekstra, alias yang tidak otomatis atau tidak cocok untuk dibuat dibuat oleh fasilitas online publishing. Contohnya adalah halaman Redaksi.
  • Direktori WebFasilitas untuk membuat direktori web atau katalog website. Contohnya adalah halaman direktori web pada Rubrik Internet ini.
  • Forum Diskusi
    Fasilitas untuk menyelenggarakan forum diskusi. Contohnya, klik saja Forum Diskusi di menu.
  • Polling
    Fasilitas untuk membuat polling. Anda bisa membuat polling sebanyak-banyaknya, dan pengunjung boleh juga mengomentari hasil polling.
  • Form Mail
    Fasilitas untuk mengirim email ke pemilik atau pengelola website. Contohnya adalah halaman Kontak.
  • Registrasi dan Member Area
    Fasilitas ini memungkinkan para pengunjung website Anda bergabung menjadi anggota. Sebagai anggota mereka bisa ikut menyumbang tulisan atau berita, dan juga meramaikan forum diskusi.
  • Statitistik
    Menampilkan statistik kesibukan website Anda, dan darimana para pengunjung berasal.
  • Banner Rotator
    Fasilitas untuk merotasi banner iklan.
  • Menu Editor
    Fasilitas untuk menghidup-matikan atau me-muncul-tidak-kan semua modul tadi.
  • Theme
    Fasilitas personalisasi tampilan website. Para pengunjung bisa memilih sendiri dari sekian tampilan website yang ada di Member Area.

Itulah ”beberapa” modul atau fasilitas yang ada di eNdonesia 8.0. Kalau sampai berulangkali disebut kata ”beberapa”, itu bukan tanpa maksud. Maksudnya adalah jumlah fasilitas bisa ditambah atau dikurangi sesuka Anda. Mengapa? Karena eNdonesia 8.0 dan semua software portal yang disebut di atas, semuanya bersifat modular. Anda bisa menambah atau mengurangi modul yang dipakai. Misalnya, menambah modul iklan baris, modul galeri foto, dan sebagainya. Kalau mau, dan bisa, buat saja modul tambahan sendiri.

Di mana mendapatkan modul-nya? Kelak Endonesia Dot Com akan menghadirkan pula modul-modul selain yang sudah disebut di atas. Tapi kalau Anda mau cepat, silakan datang ke website yang jadi ”biang”-nya, phpWebSite. Di sana sudah ada puluhan, atau bahkan ratusan, modul tambahan yang tersedia dan tinggal dicangkokkan ke portal Anda. Dan semuanya, lagi-lagi, gratis. Eh… open source!

Pasang Portal Dimana?

Lupakan Geocities, lupakan Tripod, dan lupakan juga penyedia homepage gratisan biasa lainnya jika ingin menginstall software portal ini. Soalnya, mereka itu tak menyediakan sarana yang dibutuhkan. eNdonesia 8.0, dan juga software portal yang disebut di atas tadi, membutuhkan homepage atau website yang mendukung bahasa script PHP dan database MySQL.

Kalau anda sudah mengikuti panduan Membuat Homepage dalam 5 Menit, Anda takkan sulit memahami PHP. Contoh fisiknya adalah halaman web yang berekstensi .php seperti halaman ini. Sedangkan pada halaman web biasa, Anda mungkin menggunakan ekstensi .htm atau .html. Sedangkan MySQL merupakan software database open source yang luar biasa populer di internet. Fungsinya kira-kira mirip dengan Microsoft Acces dan sejenisnya.

Pusing dengan paragraf di atas? Tak usah dipedulikan. Tanpa tahu semua itu Anda pasti bisa membuat portal. Urusan ada-tidaknya PHP dan MySQL adalah urusan penyedia homepage atau website. Sebagai pemakai, Anda ya tinggal memakai. Sama halnya dengan kalau Anda membuat homepage di Geocities, Anda tak perlu tahu mereka pakai komputer dan software apa, yang penting Anda bisa buat homepage di sana.

Lalu, di mana ada homepage gratisan yang menyediakan PHP dan MySQL? Banyak. Salah satunya adalah Tripod. Kalau tadi sempat dibilang lupakan Tripod, yang harus Anda lupakan adalah Tripod.Com, dan terlebih lagi Tripod Indonesia atau Asia. Tapi, jangan lupakan Tripod yang satu ini: Tripod UK atau Inggris.

Tripod atau Lycos Inggris (ht tp//www.lycos.co.uk), dan juga Lycos Italia, menyediakan homepage gratis yang mendukung PHP dan MySQL. Kalau mau mendaftar, langsung saja ke (http//members.lycos.co.uk ). Dan kalau mau, silakan kunjungi juga instalasi eNdonesia 8.0 di sana (http://members.lyc os.co.uk/endonesia).

Bagaimana kalau tak ingin pakai homepage atau website gratisan? Ini lebih baik lagi. Hanya dengan beberapa dolar per bulan, atau bebera puluh ribu rubih per bulan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan fasilitas hosting yang mensupport PHP dan MySQL. Bahkan sebenarnya, ke penyedia web hosting manapun Anda pergi, pasti tersedia paket hosting PHP dan MySQL. Yang harus Anda lakukan hanyalah membanding-bandingkan tarifnya.

Sudah Siap Membangun Portal?

Oke, sekarang, sudah siapkah Anda membangun portal milik sendiri? Belum juga? Siapapun pun Anda (pribadi, kelompok, organisasi, ataupun bisnis), kalau Anda ingin menghadirkan diri di internet, punya portal itu perlu. Ketimbang homepage biasa, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan d internet dengan memiliki sebuah portal.

Perkara apa yang bisa Anda perbuat dengan portal itu, silakan simak lagi daftar fasilitas diatas. Lantas, bayangkan apa yang bisa Anda lakukan dengan masing-masing fasilitas itu. Tak perlu membayangkan keseluruah fasilitas. Hanya dengan satu atau dua fasilitas pun sudah banyak yang bisa Anda perbuat. Terutama dengan fasilitas-fasilitas yang ada di barisan atas.

Sekali lagi, sudah siap? Jika ya, hanya 3 (tiga) langkah lanjutan yang perlu Anda lakukan:

  • Pertama, pergi ke Tripod atau Lycos UK (http//members.lycos.co.uk ) dan mendaftar jadi anggota untuk mendapatkan website gratisan. Atau, silakan pergi ke penyedia hosting yang makan biaya.
  • Kedua, download software eNdonesia 8.0 di alamat berikut (http://w ww.sourceforge.net/projects/en donesia/.
  • Ketiga, install software tersebut. Panduan instalasinya ada di dalam paket software yang Anda download. Atau bisa juga di baca di tulisan Panduan Instalasi eNdonesia 8.0 di rubrik ini.

Selamat mencoba, dan jangan sungkan bertanya kalau ada masalah. Silakan mampir ke Forum di sini dan utarakan masalah yang Anda jumpai. Endonesia Dot Com akan membantu mengatasinya, atau mungkin pengunjung lain yang mendatangi Forum juga akan membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: