SANGGAU

Kabupaten Sanggau

Perjalanan dinas kali ini adalah menuju ke sanggau, sebuah kota yang menurut saya panas sekali, 1 minggu saya di sanggau saya merasakan cuaca yang sangat panas, dan sama sekali tidak turun hujan, berikut lebih detailnya saya ceritakan awal mula perjalanan ke sanggau.

Dari Bandara Soekarno Hatta pagi hari saya berangkat menuju Kota Pontianak dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam, kemudian dari bandara supadio pontianak perjalanan dilanjutkan menggunakan taksi bandara menuju ke pool travel rahadi, travel tsb menempuh perjalanan ke sanggau hanya 2 kali dalam sehari, pagi sekitar pukul 8 dan sore sekitar pukul 4, setelah menunggu setengah jam di pool travel tersebut, perjalanan dilanjutkan langsung menuju ke sanggau. Perjalanan ke sanggau ditempuh dengan waktu 6-7 jam perjalanan dengan istirahat 1 kali pemberhentian di tempat makan, cukup mengasyikan sebetulnya melakukan perjalanan tsb, disamping suasana kanan kiri yang sangat hijau masih penuh dengan tanaman yang sangat lebat, serasa sedang melakukan ekspedisi harta karun =) Selama menempuh perjalanan tsb perlu diingat bahwa sinyal XL tidak akan mendapat sinyal penuh, sehingga disarankan apabila menempuh perjalanan lintas hutan seperti ini diwajibkan mempunyai 2 nomor hp dengan operator yang berbeda.

Sesampainya di kota sanggau, Saya dihadapkan akan transit ke hotel mana, karena di sanggau hanya ada 2 hotel yang bisa dikatakan bagus, yaitu Hotel Shafira dan Hotel Grand Narita kedua hotel tsb berada di jalan A. Yani Sanggau, bahkan saling berhadapan, saya pun saat itu langsung transit ke hotel Shafira dikarenakan hotel shafira hanya bersebelahan dengan kantor cabang sanggau yang akan segera dibuka. Namun ternyata saya merasa kurang puas dengan pelayanan hotel shafira meskipun saya sudah membuka kamar dengan spek yang paling tinggi, sehingga saya memutuskan untuk pindah ke hotel grand narita yang berada disebarang jalan hotel shafira.

Karena kebetulan di belakang kantor cabang sanggau terdapat sungai kapuas dan biasanya sore hari sungai tersebut sering di datangi banyak orang untuk sekedar melepas lelah, maka saya pun bersama dengan security (Bp. Dani) ikut pula melepas lelah ditempat tsb. Ada juga suatu tempat makan yang menurut saya cukup nikmat, dimana menu makanan nya berupa macam ikan air tawar yang di goreng langsung ditempat,meskipun diperlukan waktu extra untuk menunggu namun terbayar dengan suasana dan rasa makanan tsb.

jembatan sungai kapuas, sanggau

toko souvenir sanggau


Kabupaten Sanggau adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sanggau merupakan salah satu daerah yang terletak di tengah-tengah dan berada di bagian utara provinsi Kalimantan Barat dengan luas daerah 12.857,70 km² dengan kepadatan 29 jiwa per km². Dilihat dari letak geografisnya kabupaten sanggau terletak di antara 1° 10″ LU dan 0° 35 menit LS. serta di antara 109° 45″, 111° 11″ Bujur Timur.

Batas wilayah

Utara

Sarawak, Malaysia Timur

Selatan

Kabupaten Ketapang

Barat

Kabupaten Landak

Timur

Kabupaten Sintang dan Kabupaten Sekadau

Iklim

Kabupaten Sanggau beriklim tropis dengan rata-rata curah hujan tertinggi mencapai 196 mm terjadi pada bulan Januari dan terendah mencapai 54 mm terjadi pada bulan Juli.

Pada umumnya Kabupaten Sanggau merupakan daerah dataran tinggi yang berbukit dan rawa-rawa yang dialiri oleh beberapa sungai seperti Sungai Kapuas, Sungai Sekayam.

Adapun jenis tanah yang terdapat di kabupaten Sanggau adalah jenis podsolik yang hampir merata di seluruh kecamatan.

Suku Bangsa

Selain suku-suku setempat terdapat pula suku-suku lain yang merupakan pendatang seperti Suku Melayu, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Batak, Suku Minang, dan Suku Bugis.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: